My Writings. My Thoughts.

KARAKTERISTIK

On » //
.
Habbatus sauda’ adalah sejenis tanaman yang dikenal sebagai tanaman obat, dapat tumbuh di berbagai macam tempat namun paling baik ditanam di daerah yang beriklim panas dan kering karena akan berpengaruh pada kandungan nutrisinya. Biji-biji Habbatus sauda’ ukurannya kecil dan pendek (panjang antara 1-2 mm), hitam, berbentuk trigonal dan jika dilihat dengan menggunakan mikroskop tampak seperti batu api (geretan), memiliki rasa yang kuat dan pedas seperti lada.

Bunga Habbatus sauda’ berwarna ungu kebiru-biruan atau putih. Pusat pertumbuhan bunga tersebut pada bagian cabang di semua tangkainya saat daunnya saling tumbuh berseberangan secara berpasangan. Daun di bagian bawah bentuknya kecil dan pendek, sedangkan bagian atas lebih panjang (6-10 cm). Batang bunga tersebut bisa mencapai ketinggian 12 sampai 18 inchi.

Habbatus sauda’ adalah tumbuhan biseksual artinya dapat mengembangbiakkan dirinya sendiri dan membentuk sebuah kapsul buah yang mengandung banyak biji trigonal putih. Saat kapsul buah tersebut matang, ia akan membuka dan biji yang ada di dalamnya akan mengudara dan warnanya akan berubah menjadi hitam sehingga sering disebut biji hitam (Black Seed).

Klasifikasi Botani
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Bangsa : Ranunculales
Suku : Ranunculaceae
Marga : Nigella
Jenis : Nigella Sativa L.
.

My videos. Featured videos.

Informasi Seputar Produk HABBAT'S.

Info Keagenan

Dukuh Kupang Timur 13/7, Surabaya [Mayjend Sungkono/TVRI/ALFA-Carefour/Islamic Centre/Univ.Wijaya Kusuma] >> 031-5632470, (Tommy) 031-91214413, (Indria) 031-78262303 >> info@habbats.co.cc

My lifestream. Stay updated with me.